Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Wayang Menurut Para Ahli

Wayang Apakah itu ? nah kali ini aku akan jelasin kekalian apa itu wayang dan juga Pengertian Wayang Menurut Para Ahli biar kalian paham apa itu wayang, silahkan kalian simak artikel ini ya, jangan sampai ketinggalan.

Wayang adalah satu dari berbagai warisan kebudayaan masa lampau di Indonesia. Wayang merupakan salah satu karya seni budaya yang menonjol di antara banyak karya budaya lainnya. Pertunjukan wayang meliputi seni peran, suara, musik, tutur, sastra, lukis, pahat, dan juga seni perlambang.

                                            www.Ilmuku.my.id

Pengertian Wayang Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian wayang menurut para ahli yaitu:

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Wayang adalah boneka tiruan orang yang terbuat dari pahatan kulit atau kayu dan sebagainya, yang dapat dimanfaatkan untuk memerankan tokoh pada pertunjukan drama tradisional (Bali, Jawa, Sunda, dsb), biasanya dimainkan oleh seseorang yang disebut dalang (Pusat Bahasa, 2008).

2. Menurut Supriyo, 2008

Wayang merupakan salah satu bentuk teater tradisional yang paling tua. Pada masa pemerintahan Raja Balitung, telah ada petunjuk adanya pertunjukan wayang, yaitu yang terdapat pada prasasti Balitung dengan tahun 907 Masehi, yang mewartakan bahwa pada saat itu telah dikenal adanya pertunjukan wayang.

3. Menurut Dr. G. A.J. Hazzeu

Wayang merupakan pertunjukkan asli Jawa. Wayang adalah “Walulang inukir” (kulit yang diukir) dan dilihat bayangannya pada kelir.

4. Menurut Sri Mulyono

Wayang adalah sebuah kata bahasa Indonesia (Jawa) asli, yang berarti bayang-bayang, atau bayang yang berasal dari akar kata “yang” mendapat tambahan “wa” yang menjadi wayang.

5. Menurut Kusumajadi

Mengatakan wayang adalah bayangan orang yang sudah meninggal, jadi orang yang digambar itu sudah meninggal, lebih lanjut ia menjelaskan: kata wayang tadi dari suku kata wa dan yang.  Wa: trah yang berarti turunan, yang: hyang yang berarti eyang kakek, atau leluhur yang sudah meninggal. 


Demikian artikel tentang Pengertian Wayang Menurut Para Ahli bila ada yang kurang bisa di tanyakan di kolom komentar, Dan jangan lupa terus ikuti artikel artikel terbaru dari kami.

Posting Komentar untuk "Pengertian Wayang Menurut Para Ahli"